Raline Shah Sulit Perankan Orang Miskin di Film Orang Kaya Baru

loading…

Berperan menjadi orang miskin yang kemudian kaya mendadak ternyata memberikan tantangan yang cukup berat bagi Raline Shah di film Orang Kaya Baru The Movie. (KORAN SINDO/Thomas Manggala)

JAKARTA – Rumah produksi Screenplay Films dan Legacy Pictures akan merilis film komedi terbaru berjudul Orang Kaya Baru The Movie. Film yang dibintangi oleh aktris Raline Shah dan Refal Hadi sebagai pemeran utamanya mengangkat kisah fenomena yang relate dengan kehidupan sehari-hari dimana ada orang yang miskin namun seiring dalam perjalanan waktu menjadi orang kaya baru dengan segala problematika dan jatuh bangun kehidupan.

Skenario Orang Kaya Baru The Movie ditulis oleh Joko Anwar, sineas berbakat yang sudahmelahirkan karya-karya film besar di Indonesia. Sebagai penulis, Joko membuat jalan cerita film Orang Kaya Baru dan membalutnya dengan bumbu komedi yang fresh, dan skenario tersebut divisualisasikan melalui pengarahan yang pas oleh sutradara Ody C. Harahap.

Di Orang Kaya Baru The Movie, Raline berperan sebagai Tika, anak dari keluarga tidak mampu yang tiba-tiba berubah menjadi orang kaya. Rupanya menjadi orang miskin bukan hal yang mudah dilakukan Raline. Apalagi, sejak lahir, hidupnya sudah berkecukupan. Sehingga tak jarang Raline mendapat kritikan dari sang sutradara, Ody C Harahap, agar bisa akting menjadi orang yang lebih kurang mampu lagi.

“Ada bagian-bagian yang kata Mas Ody, ‘Ah gue enggak percaya nih elu miskin. Eh miskinin lagi nih si Raline.’ Mungkin kalau orang di luar, miskinin lagi? Maksudnya gimana? Tapi mungkin maksudnya lebih dihitamkan, bajunya dijelek-jelekin lagi,” ungkap Raline kepada SINDOnews.com ditemui seusai jumpa pers film Orang Kaya Baru The Movie, di kawasan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018).

Selain hidup susah, aktris kelahiran Jakarta, 4 Maret 1985 pun mencoba memaksimalkan perannya menjadi orang miskin ketika menjalani proses syuting. Raline bahkan melakukan berbagai observasi, salah satunya adalah naik bus langsung dari terminal Blok M.

Lantaran ini pengalaman pertamanya menggunakan transportasi bus umum di Jakarta karena belum pernah menggunakan transportasi umum bis, dia harus nongkrong di terminal Blok M. Tidak hanya nongkrong, Raline juga sempat naik bus, agar perannya menjadi Tika itu bisa membuat penonton terhanyut dalam jalan ceritanya.

“Memang saya merasakan banget yah naik bus. Jadi yang kayak ‘aduh kudu banget sih naik bus pagi-pagi’. Aku juga harus pelajari orang-orang naik bus gitu dan ada satu orang yang saya cek yang bag pack-nya didepan itu yang aku pelajari gerak-geriknya, yang aku rasa oh itu Tika itu kayak gitu,” ujar Raline menceritakan pengalaman naik bus umum.

Saat berada di dalam biu, Raline mengakui bahwa tidak ada orang yang senyum kepadanya. Penumpang malah jutek dan cuek dengannya, saat merasakan naik bis. Tentu, demi meraih cita-citanya bermain di film bergenre komedi, Raline harus mendapatkan momentum kehidupan yang jauh dari kata layak. Tetapi, di sisi lain, ada beberapa penumpang yang meminta berfoto bersamanya, ketika hari pertama Raline naik bus.

“Hari pertama aku nggak tahu, ternyata di bus ada juga diminta-minta selfie. Jadi hari-hari berikutnya aku pakai masker dan aku observasi aja, sambil naik bus itu aku perhatikan orang yang naik, orang yang turun, bagaimana mereka berbicara, bagaimana mereka dandan dan sebagainya,” ucapnya.

Dalam film tersebut, Raline tidak hanya diceritakan menjadi gadis yang menderita. Dia juga memerankan Tika yang menjadi orang kaya baru alias OKB, karena mendapatkan warisan dari peninggalan ayahnya.

“Film ini benar-benar pencerahan deh buat aku film ini. Karena, susah untuk akting jadi orang kaya, tapi jauh lebih susah lagi akting jadi orang tidak mampu. Karena aku emang enggak ada gimana ya ‘aku ngerti tapi aku cuma berimajinasi kalau jadi orang susah itu kaya gini kali ya’ tapi ternyata itu salah,” tutur Raline.

Keterlibatan dalam film ini tak hanya memberikan pengalaman berkesan baginya saat proses syuting namun putri pasangan Rahmat Shah dan Roseline Shah ini akhirnya mewujudkan impiannya bermain dalam sebuah film bergenre drama komedi, meski bukan hal mudah baginya yang biasa bermain film drama romantis kemudian bermain film komedi terutama meyakinkan penonton akan peran yang dilakoninya.

“Bisa bermain dalam film bergenre komedi adalah impian aku sejak lama. Dalam film ini, aku berperan sebagai Tika, seorang wanita kekurangan yang harus berjuang untuk hidup. Aku bermain dengan beberapa aktor kawakan seperti Mas Lukman Sardi, Mbak Cut Mini, Fatih Unru, Derby Romero dan beberapa aktor dan aktris berbakat lainnya. Ini merupakan kebahagiaan buat aku karena bisa mewujudkan impianku,” kata Raline.

Ditambahkan wanita berdarah Batak itu, bermain dalam film genre komedi itu merupakan tantangan tersendiri buatnya. Lantaran dirinya harus bekerja keras mengubah image nya sebagai aktris yang selalu bermain dalam film-film drama yang serius.