Toyota Klaim Sebagai Produsen Mobil Hybrid Terbesar

Liputan6.com, Singapura – Industri otomotif dunia tengah bergerak menuju kendaraan ramah lingkungan. Mobil listrik, hybrid, plug-in hybrid, dan energi terbarukan lainnya diyakini bakal lebih banyak beredar di masa mendatang.

Salah satu pabrikan yang mengawali tren mobil rendah emisi ini adalah Toyota. Bahkan, pabrikan asal Jepang ini menjadi pionir dalam berbagai pengembangan mobil hybrid, fuel cell technology, dan kendaraan nirsopir, seperti i-concept dan human robot.

Tercatat, Toyota sebagai pabrikan pertama yang meluncurkan, dan memasarkan mobil ramah lingkungan berbasis teknologi hibrida melalui Toyota Prius pada 1997.

Kini, Toyota menjadi produsen terbesar mobil hibrida yang angka penjualannya sudah mencapai angka di atas 10 juta unit.

Dijelaskan Susumu Matsuda, Presiden Toyota Motor Asia Pasific (TMAP), kini Toyota sudah mulai bergerak memproduksi dan memasarkan mobil berteknologi fuel cell vehicle (FCV). Mobil berbahan bakar hidrogen ini, dimulai dengan peluncuran Toyota Mirai pada 2014 lalu.

“Mobil ini mendapat sambutan positif, dan penjualannya diproyeksikan bisa mencapai 300 ribu unit pada 2020 mendatang,” jelas Matsuda, saat ajang ‘kick off start your impossible Asia Pasific’, di Singapura, Kamis (13/9/2018).